Langsung ke konten utama

Gracia Spa, Alternatif Pemandian Air Panas di Lembang Selain Ciater



Lembang merupakan destinasi wisata favorit bagi warga Bandung, Jakarta dan sekitarnya. Beragam varian wisata keluarga dapat dinikmati di Lembang, mulai dari wisata alam Tangkuban Parahu dan kebun teh, wisata berkuda ala cowboy di The Ranch, wisata kuliner tahu susu, susu murni dan strawberry hingga berendam air panas di Ciater. Di akhir pekan, seluruh tempat wisata tersebut dipadati pengunjung, terlebih jika long weekend seperti libur lebaran. Hampir pasti jalanan Lembang padat merayap.
 
Salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan utama adalah pemandian air panas di ciater. Sumber air panas yang berasal dari gunung Tangkuban Perahu, gunung api yang masih aktif. Kandungan sulfur dan suhu air yang panas dipercaya dapat mempantu menyembuhkan beragam penyakit kulit, rematik dan mengobati berbagai keluhan kesehatan. 

 
 
Kolam Berendam Air Panas


Biasanya di akhir pekan Ciater penuh dan dipadati banyak pengunjung. Area parkir akan dipenuhi mobil dan bus serta area kolam rendam akan dijelali ribuan wisatawan. Jika  ingin menikmati aktivitas berendam air panas yang dengan lingkungan yang lebih sepi dan lebih tenang, Garcia Spa dapat menjadi alternatif tempat yang dikunjungi.

Garcia Spa adalah tempat wisata di Lembang yang juga memiliki kolam pemandian air panas. Di dalamnya terdapat resort dan penginapan juga. Letaknya tak jauh dari area pintu masuk Tangkuban Parahu.

Dari arah pusat kota Lembang, Garcia Spa berada di sebelah kanan jalan. Terdapat bill board yang menandakan lokasi dan kita akan melewati jalan menurun yang lebih kecil. Jalan menuju Garcia Spa sudah diaspal dan cukup mulus, walau di beberapa bagian masih ada jalan yang berbatu. Belum ada lampu jalanan sehingga jika malam tiba jalanan akan gelap gulita. Di siang hari pemandangan yang kita jumpai menakjubkan. Kiri-kanan jalan adalah kebun teh yang berwarna hijau. Bau khas daun teh tercium lembut. Kita serasa membelah areal perkebunan teh.


Kebun Teh di Perjalanan Gracia Spa


Setelah perjalanan kurang lebih 1 KM, kita akan tiba di gapura Garcia Spa. Ada penunjuk jalan yang langsung mengarahkan ke kolam rendam. Ketika tiba kami belum banyak pengunjung yang datang kami dapat parkir langsung di depan pintu masuk. Kalau di Ciater mungkin kami akan sibuk mencari parkir dan jalan kurang lebih 200 m terlebih dahulu sebelum menjumpai pintu masuk. 


   
Dekorasi Pintu Masuk Kolam Rendam dalam Suasana Idul Fitri


Harga tiket masuk kolam rendam Garcia memang lebih tinggi dibandingkan tiket untuk ke Ciater. Tarif ketika libur lebaran lalu adalah Rp 75.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 45.000 untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Di hari biasa tarifnya adalah Rp 60.000/orang untuk hari senin-Jumat dan di akhir pekan Rp 70.000/orang untuk dewasa. Walaupun lebih tinggi, tarif tersebut rasanya sebanding dengan fasilitas dan suasana yang akan kita dapatkan. HTM Ciater sebenarnya tidak jauh berbeda: Rp 20.000-an untuk masuk area Ciater dan sekitar Rp 20.000 s/d Rp 50.000 untuk masuk kolam khusus. 


   
Loket Kolam Rendam, Buka 24 Jam 


Begitu kita memasuki area kolam, suasanya terlihat bersih dan rapi. Tipikal dekorasinya mirip dengan kolam renang di hotel-hotel berbintang. Bedanya adalah kolam-kolam rendam di Garcia menggunakan dinding dan alas batu alam, cocok untuk dekorasi pemandian air panas. Fasilitasnya juga cukup lengkap. Terdapat kolam renang, kursi-kursi kaju dan meja lengkap dengan payungnya, kamar mandi, kantin, mushola, kamar mandi dan terlihat masih ada panggung acara Ramadhan. Tiket yang diberikan di loket dapat ditukarkan dengan sebuah soft drink. Kami mendapatkan Teh Kotak hasil penukaran tiket tersebut. Setiap kurang lebih setiap 15 menit terdengar pengumuman mengenai selamat datang, terdapat berapa kolam di sana dan himbauan untuk menjaga anak-anak dari speaker. 


Tipikal Berenang di Kolam: Ada yang Nyebur Ada yang Duduk-Duduk Jagain Tas


Garcia Spa memiliki 3 buah kolam untuk dewasa dan 1 kolam untuk anak-anak. Ada juga kolam rendam untuk anak-anak. Kolam anak dibuat lebih dangka. Suhu airnya pun berbeda. Kolam dengan suhu paling panas adalah kolam dewasa yang paling besar. Di sana juga terdapat pancuran air dengan suhu gak sedikit lebih panas. Nyaman untuk pemijatan pundak dan leher. Ketika berendam, kondisi sekitar sangat mendukung untuk relaksasi. Pemandangan pepohonan di sekeliling kolam pun memanjakan mata. Hal yang paling membuat santai adalah jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak sehingga suasana tenang dan tidak ribut. 


 Kolam Rendam Anak-Anak. "Anak-Anak" yang Berendam di Sana Sudah Berjanggut

 Kolam Rendam Dewasa 1

Kolam Rendam Dewasa 2

 Kolam Rendam Dewasa 3


Suhu paling panas di kolam itu masih kalah dibandingkan suhu paling rendah di kolam air panas Ciater. Jika di Ciater kita akan kepanasan semenjak mencelupkan kaki pertama kali, sensasi yang sama tidak kita rasakan di Gracia Spa. Hal ini bisa jadi karena sumber mata air panasnya bukan sumber utama. Tetapi suhunya masih cukup hangat untuk berendam. Di Gracia Spa juga tidak terdapat air terjun dan aliran sungai air panas yang deras seperti yang ada di Ciater. Walaupun begitu, sepi dan bersihnya kolam Gracia Spa masih layak dinikmati sebagai alternatif Ciater. Dan kandungan sulfurnya sepertinya kurang lebih sama dengan air yang mengalir di Ciater.


Kolam Rendam 1 yang Suhunya Paling Panas
 

Selesai berendam, kita dapat berbilas di kamar mandi yang sangat bersih dan tidak berbau. Terdapat air panas juga di showernya. Fasilitas kamar mandinya mirip seperti di Gym kelas atas dan hotel berbintang. Seteleh selesai berganti pakaian, kita dapat melihat indahnya ikan Koi di kolam air dingin tepat di seberang pintu keluar kamar mandi. Terdengar juga suara kicauan halus dari burung-burung di sangkarnya di samping kolam. 


  Kolam Ikan Koi, Airnya Tawar Kok :D

 
 Ada Kolam Lotus Juga Dekat Kamar Bilas


Jika ingin menikmati pemandian air panas di Garcia Spa, kita juga dapat bermalam di penginapan yang disediakan. Kolam rendam air hangat buka 24 jam. Kalau malam hari mungkin efek hangat airnya lebih terasa yaa :D. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil mohon selalu diperhatikan aktivitas anaknya selama di tempat wisata ini ya. Salam hangat dari kolam air hangat!

Komentar

  1. Baru mau coba kesana nih .. mudah2an sesuai dengan exspetasi saya heheh .. terimakasih reviewnya ..

    BalasHapus
  2. Baru mau coba kesana nih .. mudah2an sesuai dengan exspetasi saya heheh .. terimakasih reviewnya ..

    BalasHapus
  3. Now is not the time anymore so people are mediocre. You should begin to stop following what others are doing to get a place in the association.
    Bandar togel hongkong

    BalasHapus
  4. Saya dah 2x datang kesana.. Gak pernah kecewa ke gracia .

    BalasHapus
  5. Saya dah 2x datang kesana.. Gak pernah kecewa ke gracia .

    BalasHapus
  6. Kalo jalan kesana malam hari aman gak ya?? Terimakasih sebelumnya.. Terimakasih review nya ☺

    BalasHapus
  7. HTM terjangkau gak?...parkiran mobilnya aman? Mo nyobain ach...rame2 kesana...yuuk.

    BalasHapus
  8. Kolamnya hangat hangat kuku, tidak terlalu panas.
    Waktu itu saya berkunjung pada sore hari dan cuaca hujan kecil.
    Di malam hari mungkin lebih terasa hangat/panas.
    tidak diperbolehkkan membawa makanan dari luar, kecuali susu dan makanan bayi.
    Harga makanan masih masuk akal dan kualitas makanannya bagus.
    parkir depan gerbang kolam cukup untuk 5-6 mobil.
    Tetapi tersedia area parkir yang lebih luas.
    Suasananya tenang, cocok untuk relaksasi....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali